Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JPN Kejaksaan Negeri Blitar berhasil Memenangkan Gugatan di PTUN Surabaya

 

Image Credit : Mirta Wisdama

Seputar BlitarJaksa Pengacara Negara (JPN) yang dipimpin Bambang Suparyanto, SH Selaku Kasi Datun Kejaksaan Negeri Blitar berhasil memenangkan gugatan di PTUN Surabaya. Salah seorang warga Bendogerit Kota Blitar menggugat terkait dengan terbitnya surat IMB pembangunan hotel yang berlokasi di jalan Ir. Soekarno. 

Penggugat merasa janggal terhadap hasil dari  2 produk hukum yang diterbitkan Walikota Blitar, yaitu Keputusan Walikota Blitar No.00169/IMB Tahun 2019 tentang IMB tertanggal 28 Januari 2019 dan Keputusan Walikota Blitar No.00169/IMB Tahun 2019 tentang tentang IMB tertanggal 24 Juni 2021. Meminta agar kedua produk hukum yang diterbitkan oleh Walikota Blitar tersebut dinyatakan batal atau tidak sah. Kemudian juga mewajibkan tergugat dalam hal ini Walikota Blitar untuk mencabut kedua keputusannya tersebut.

Diketahui bahwa gugatan didaftarkan perdata di PN Blitar, dengan hasil putusan menyatakan PN Blitar tidak berwenang mengadili perkara tersebut. Selanjutny penggugat mendaftarkan perkara di PTUN Surabaya, karena terdapat kejanggalan dalam IMB yang dianggap melanggar aturan. melanggar Perda RDTR mengenai lokasi usaha yang sudah ditentukan serta alamat IMB yang tidak sama. Disamping itu juga dalam rangka menjaga kelestarian sumber mata air yang berada dekat dengan lokasi pembangunan hotel di jalan Ir. Sukarno Kota Blitar tersebut.

Pemerintah Kota Blitar mengkuasakan perkara tersebut kepada Kejaksaan Negeri Blitar berdasarkan undang-undang bertindak sebagai Jaksa Pengacara Negara. Kejaksaan Negeri Blitar, bertindak dengan cepat dan cermat melaksanakan SKK no 188/2901/410.010.2/2021 tanggal 28 Juli 2021 dan Surat Kuasa Substitusi No. 02/M.5.22/Gp/07/2021 tanggal 28 Juli 2021 melaksanakan tugas dan kewenangan sebagai Jaksa Pengacara Negara kuasa hukum atas Pemerintah Kota Blitar. 

Tim Jaksa PengacaraNegara Kejaksaan Negeri Blitar bergerak turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan fakta -fakta di lapangan. Didapatkan kenyataan di lapangan hal berbeda dengan kekhawatiran warga yang berada di sekitar pembangunan hotel tersebut. Pendirian bangunan sudah sesuai dengan surat izin yang ditetapkan, serta sumber mata air yang digunakan untuk kegiatan operasional hotel adalah air PDAM dan tidak mengambil dari sumber air tanah di lokasi pembangunan hotel tersebut.

Post a Comment for "JPN Kejaksaan Negeri Blitar berhasil Memenangkan Gugatan di PTUN Surabaya"